Selasa, 06 Mei 2014

Final UCL Pertama yang Pertemukan Tim Sekota

Cristiano Ronaldo dan Diego Costa merupakan pemain kunci dari dua klubs (foto: Ist)Cristiano Ronaldo dan Diego Costa merupakan pemain kunci dari dua klubs (foto: Ist)SEJARAH baru tercipta. Setelah tahun lalu final Liga Champions 2013 di London mempertemukan sesama klub Jerman. Kini, final Liga Champions tak hanya mempertemukan satu Negara, melainkan satu kota. 

Ya, laga sesama klub dari Kota Madrid akan terhampar di Estadio Da Luz, Lisbon, venue final Liga Champions. Tentu ini menjadi sejarah, karena pertama kalinya tim satu kota bisa tampil di laga pamungkas seelite Liga Champions. 


Para pemain Real Madrid merayakan kesuksesan mereka, usai mengakhiri perlawanan Bayern Munich

Sejarah itu tercipta, diawali dengan upaya Real Madrid yang menghancurkan kejayaan Bayern Munich pada babak semifinal. Pasukan yang dipimpin Carlo Ancelotti tak segan-segan menyingkirkan juara bertahan. Die Roten-julukan Bayern, takluk dengan agregat 5-0. 

Buah dari kemenangan itu tak lepas dari hasil leg pertama melalui  gol tunggal dari Karim Benzema di Santiago Bernabeu. Kemudian berhasil membuat malu Bayern di Allianz Arena dengan skor empat gol tanpa balas, lewat Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo yang masing-masing mencetak sepasang gol. 

Madrid pun mencapai final pertama mereka sejak 12 tahun silam, di mana mereka berhasil meraih juara kesembilan kalinya, setelah mengalahkan Bayer Leverkusen 2-1 pada final yang berlangsung di Hampden Park, Glasgow, musim 2001-2002. 

Kini pasukan Carlo Ancelotti tengah membidik gelar kesepuluh mereka, atau sering dikenal dengan sebutan La Decima. Yang sekaligus akan mengesahkan mereka sebagai tim pertama yang mengoleksi dua digit trofi Liga Champions. 


Menyingkirkan Chelsea dengan agregat 3-1, Atletico berhasil ciptakan Derbi El Madrileno di final Liga Champions 2014

Sementara itu, Atletico yang bisa dibilang tim kejutan berhasil membukakan mata pencinta sepakbola, bahwa dengan materi yang ada, mereka bisa mengalahkan tim sekelas Chelsea, yang memiliki materi pemain bintangnya. 

El Atleti berhasil masuk final pertama mereka sejak kompetisi memiliki format Liga Champions, usai menjungkalkan The Blues dengan agregat 3-1. Sempat bermain tanpa gol pada leg pertama yang berlangsung di Vicente Calderon, pasukan Diego Simeone mampu mempecundangi tim arahan Jose Mourinho dengan skor 3-1 di Stamford Bridge. 

Atletico sempat tertinggal lewat gol yang dicetak Fernando Torres pada menit ke-36. Namun gol dari Adrian Lopez semenit sebelum jeda membangkitkan asa Los Colchoneros.  

Terbukti pada babak kedua, Diego Costa membuat Atletico unggul 2-1 lewat gol dari titik putih, sebelum akhirnya Arda Turan mencetak gol pamungkas pada menit ke-72 untuk membuat skor menjadi 3-1. 

Dengan munculnya dua tim sekota ini, maka ada dua tujuan yang ingin digapai dari Atletico dan Madrid. El Real ingin mewujudkan mimpi La Decima mereka, sementara El Atleti ingin mencetak Primero atau merebut Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub. 

Laga Final Liga Champions yang mempertemukan satu Negara:
2000: Real Madrid 3-0 Valencia di Stade de France
2003: Milan 0-0 Juventus di Old Trafford (Milan menang adu penalti)
2008: Manchester United 1-1 Chelsea di Luzhniki Stadium (Man United menang adu penalti)
2013: Bayern Munich 2-1 Borussia Dortmund di Wembley Stadiu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar