Sabtu, 10 Mei 2014

Asteroid Besar Menghampiri, Bumi Terancam?

(Foto: Slashgear)(Foto: Slashgear)CALIFORNIA -  Ilmuwan menemukan asteroid seukuran bus yang mendekati Bumi. Dinamakan  2014 HL129, batu luar angkasa ini bergerak dari jarak 186 ribu mil.

Dilansir Slashgear, Senin (5/5/2014), membiayai pengembangan teknologi untuk menemukan asteroid dan menaruh perhatian besar pada asteroid berbahaya dianggap hal yang penting. NASA menemukan asteroid besar tersebut dengan ukuran lebar 25 kaki.

NASA telah membentuk tim Asteroid Watch untuk mengamati asteroid tersebut. Orbit objek luar angkasa ini akan lebih dekat dibandingkan jarak Bulan dengan Bumi. 

Bulan dengan Bumi diperkirakan memiliki jarak rata-rata 238.855 mil, sementara objek ini akan berada dekat dengan Bumi pada jarak 186.000 mil. Batu luar angkasa ini diprediksi akan berada pada titik terdekatnya pada Sabtu.

Pada Maret, NASA juga menemukan asteroid lain yang memiliki ukuran empat kali lipat dari 2014 HL129. Asteroid ini berada di titik terdekatnya dengan Bumi pada jarak 217 ribu mil. NASA menamakan asteroid yang berada di jarak terdekat dengan Bumi ini dengan sebutan "Near Earth Object".

Divisi Asteroid Watch yang merupakan bagian dari NASA's Jet Propulsion Laboratory di California mencatat daftar asteroid yang teridentifikasi berpotensi mendekati Bumi. Para peneliti ini mengamati dan memastikan bahwa orbit asteroid tersebut tidak berbahaya terhadap Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar