Kamis, 02 Juni 2011

Empat Dusun Rawan Gas Beracun Dieng

Wonosobo, CyberNews. Empat Dusun yang masuk di wilayah Kabupaten Wonosobo rawan terhadap gas beracun dari Kawah Timbang Dieng. Pasalnya, persebaran gas tersebut semakin meluas ke beberapa titik yang bertetangga dengan wilayah Kecamatan Batur.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo menyatakan, terdapat ada empat  dusun di daerah Wonosobo yang berpotensi terkena gas beracun atau berada di level I dari Kawah Timbang di Desa Simbar. Keempat dusun tersebut berada di dua wilayah kecamatan, yaitu tiga dusun di Kecamatan Kejajar dan satu dusun di Kecamatan Watumalang.
Radius dari Kawah Timbang hanya berjarak 3-4 kilometer. Dilokasi inilah perlu diwaspadai dan jumlah penduduk di empat dusun ada sekitar 3.500 orang jiwa. Wakil Bupati Wonosobo Hj Maya Rosida, Selasa malam (31/5), mengemukakan sejauh ini empat desa terdekat dari lokasi bencana gas beracun masih dalam kondisi aman.
Hanya saja sebagai langkah antisipasi, Pemkab Wonosobo tetap menyiapkan jalur evakuasi, termasuk menyiagakan posko pengungsian, petugas kesehatan, serta berkoordinasi dengan Tim SAR, PMI, dan aparat kepolisian. "Saat ini masih aman namun kami tetap melakukan antisipasi," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar